GOOGLE DRIVE
Dengan menggunakan Google Drive, berarti pemilik
file telah memiliki back-up file nya di internet sehingga jika terjadi sesuatu
pada file yang disimpan di komputer atau laptop, misalnya file tersebut rusak
atau hilang atau terkena virus, atau komputer/laptopnya rusak yang menyebabkan
tidak dapat digunakan, maka file yang berada di Google Drive tetap aman dan
tetap dapat diakses menggunakan komputer lain yang terhubung ke internet.
Untuk dapat menggunakan layanan Google Drive, ikuti
panduan berikut.
1. Buka alamat http://drive.google.com , maka
akan muncul halaman seperti ini:
2. Klik tombol “Masuk” (yang di dalam kotak merah
pada gambar di atas), kemudian akan masuk kehalaman selanjutnya seperti dibawah
ini:
Jika kita telah memiliki akun di google, misalnya
telah menggunakan gmail, maka tinggal memasukkan username dan password yang
kita miliki pada kotak di halaman tersebut, sedangkan bagi yang belum memiliki
akun di google, maka klik tombol SIGN UP (DAFTAR) di kanan atas halaman tersebut, dan
lakukan proses pendaftaran seperti pada umumnya.
3. Setelah sign in dengan akun google yang kita
miliki, maka akan muncul tampilan berikut. Klik tombol warna biru di kiri bawah
dengan tulisan “Try Google Drive”.
4. Lalu akan masuk ke halaman berikut ini:
5. Sampai disini pendaftaran layanan Google Drive
telah selesai, kita telah dapat menggunakan Google Drive melalui web browser,
untk meng-upload file yang akan disimpan di Google Drive, klik tombol warna
merah di menu sebelah kanan tepat disebelah tombol bertuliskan Create, yaitu
tombol bergambar harddisk dengan tanda panah ke atas, kemudian akan muncul
menun pop-up lalu pilih “Files…”, sebagaimana ditunjukkan pada gambar dibawah
ini yang di kotak warna merah.
6. Selanjutnya akan muncul windows untuk memilih
file mana yang ingin di upload.
Demikianlah langkah-langkah memulai menggunakan
layanan Google Drive menggunakan web browser, selanjutnya dibawah ini dibahas
mengenai cara instalasi software Google Drive di komputer bersistem operasi
Windows agar pengguna Google Drive memiliki folder khusus yang isi folder
tersebut akan disinkronisasikan dengan file yang ada di akun Google Drive,
dengan begitu maka pengguna Google Drive tidak perlu melakukan upload file
melalui browser seperti cara diatas, tapi cukup dengan mengcopy atau
drag-and-drop file yang diinginkan ke dalam folder Google Drive yang ada di
komputer lalu Gogle Drive akan melakukan sinkronisasi sehingga file tersebut
juga tersimpan di akun Google Drive di internet.
1. Masuk ke dashboard akun Google Drive melalui
link ini http://drive.google.com , isi dengan username dan password yang
dimiliki.
2. Pada halaman ini, klik link yang ditunjuk oleh
tanda panah pada gambar untuk mendownload software Google Drive yang akan di
install di komputer.
3. Kemudian klik tombol “Accept and Install”
4. Selanjutnya proses download akan langsung
mulai
5. Setelah download selesai, selanjutnya akan
diminta memasukkan username dan password akun google.
6. Setelah mengklik tombol Sign in, maka akan
muncul tampilan seperti berikut ini, klik Next.
7. Berikutnya akan muncul tampilan seperti
dibawah ini, klik tombol Start Sync, maka proses selanjutnya akan ada sebuah
folder Google Drive di komputer yang isi folder tersebut akan disinkronisasikan
dengan file yang ada di akun Google Drive.
8. Sampai disini proses instalasi telah selesai,
folder Google Drive akan berisi file yang sama dengan yang tersimpan di akun
Google Drive di internet.
Demikian langkah-langkah instalasi Google Drive
di komputer, untuk menambahkan file yang akan disimpan di Google Drive cukup
dengan meng-copy atau drag-and-drop file yang diinginkan ke dalam folder Google
Drive yang ada di komputer lalu Gogle Drive akan melakukan sinkronisasi
sehingga file tersebut juga tersimpan di akun Google Drive di internet.
Sumber : Naufal
Assagaf (http://www.cloudindonesia.or.id/mengenal-menggunakan-google-drive.html)