5 Kesalahan Hari Pertama Kerja Yang Harus Dihindari

Hari pertama kerja adalah sebuah tantangan baru. Yang pertama Anda pelajari adalah budaya perusahaan dan tentu saja Anda harus menjalin hubungan baik dengan rekan kerja karena mungkin ANda akan berada disana untuk jangka panjang.
Pastinya Anda sudah memathui aturan-aturan umum untuk memulai hari pertama di kantor seperti berpenampilan rapi, datang tepat waktu, menjadi diri sendiri, dan yang lainnya. Disamping itu juga, hindari lima kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan pada hari pertama.


Terlibat dalam Percakapan

Sebagai karyawan baru,  tentu Anda akan percaya omongan, entah gosip atau runmor dari orang yang sudah bekerja lebih lama mengenai  karyawan lain atau perusahaan. Tetapi Anda harus berpikir bahwa perkataan tersebut belum tentu sepenuhnya benar. Anda sebaiknya membuka pikiran lain daripada harus terpengaruh dengan opini dan pengalaman orang.

Sok Tahu
Banyak orang yang terlalu bersemangat untuk membuat kesan pertama yang berbeda di depan atasan dan lingkungan baru dengan bersikap seakan mengetahui semua hal. Namun sebaliknya, Anda dapat membuat kesan baik dengan bersikap rendah hati dan terbuka dalam mempelajari seluk beluk dari tugas pekerjaan dan sektor dimana Anda berada.

Tidak Meminta Bantuan
Tidak ada yang mengharapkan Anda untuk mengetahui semuanya. Pada kenyataannya mereka lebih berharap Anda akan bertanya terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu ketimbang menebak-nebak dan kemudian membuat kesalahan sehingga harus diperbaiki nantinya. Lebib baik berkata jujur atas apa yang Anda tidak ketahui dan meminta bantuan karyawan lainnya. Itu justru membuat mereka dengan senang hati membantu dan berbagi pengalaman.

Tidak Berkomunikasi Secukupnya
Komunikasi yang aktif dengan atasan merupakan hal yang penting. Anda harus memberi tahu apa yang sedang anda kerjakan serta progresnya. Pastikan bahwa atasan Anda menerima kabar terbaru, entah baik atau buruk. Jangan lupa cari tahu bagaiaman dia memilih untuk diberi kabar terbaru seperti pada saat pertemuan mingguan atau melalui email yang rutin dikirim.

Tidak Menghargai Kesempatan yang Ada
Pekerjaan pertama Anda belum tentu sama persis dengan apa yang Anda bayangkan. Bisa saja untuk awalnya Anda harus berhadapan  dengan pelanggan yang cerewet serte mendapat pekerjaan tak terduga lainnya. Tetapi dari sanalah Anda mendapat kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai bidang Anda. Meski pekerjaan pertama Anda bukan sesuatu yang anda impikan jangan anggap itu sebagai hal tidak penting yang hanya membuang waktu, melainkan untuk memperkaya pengalaman dalam bekerja.
Sumber:m.tabloidnova.com